Friday, May 26, 2017

[#FridaySharing] Cara MURAH Singkirkan Kulit Kusam

KON-NI-CHI-WA~
Akhir-akhir ini, cuaca lagi labil-labilnya ya. Pagi menjelang siang panas banget, sedangkan siangnya mendung, sorenya hujan angin
dor-dar gelap
taya tempat
keur ngiuhan...
yak malah nyanyi. -__-. Ngerasa gak sih kalau cuaca tak menentu seperti itu bikin tekstur kulit jadi aneh? 

Kalau yang terjadi pada aku, saat ini pori-pori wajah jadi terbuka lebih besar, sebum berproduksi lebih banyak, lebih banyak blackheads dibanding whiteheads, namun beberapa area wajah menjadi dehidrasi, kasar, kering. Kan, masalah di atas bikin kulit jadi kusam ya.
Makanya, akhir pekan seperti ini baiknya facial, manjain kulit. 

Jadi hari ini aku mau ajak kalian facial ala aku setiap 1-2 minggu sekali. Jangan khawatir bakalan nguras dompet seperti layaknya kita facial di salon atau klinik kecantikan, karena kali ini aku mau berbagi cara perawatan kulit akhir pekan aku dengan item yang mudah ditemukan di rumah, bisa dibeli di warung juga lho!


Postingan ini juga akan menjawab berbagai pertanyaan yang sering dilontarkan oleh teman-teman, ‘cerahin muka gimana Ye?’ ‘masker yang bagus buat kecilin pori-pori apa Ye?’
Ayo kita mulai!
  1. Cleansing dan Pemijatan Wajah
    di step ini kamu bisa cleansing kulit wajah kamu dengan produk cleanser apa aja, aku sendiri biasanya pakai Milk Cleanser dari Viva. tapi, akhir-akhir ini aku lebih suka pakai Minyak Zaitun dari Mustika Ratu agar aku bisa sekaligus melakukan pemijatan dan menjaga kelembaban kulit sebelum facial. Setelah memijat wajah, aku biasanya langsung mencuci muka dan membilas wajah dengan air hangat kuku.
    Hasil gambar untuk how to facial massage
    Source: Pinterest



  2. Steam / Uapi wajah
    Kamu bisa uapi wajah kamu dengan uap dari air panas yang kamu tuangkan ke dalam baskom ukuran sedang. Supaya nyaman, kamu bisa sambil tengkurap di kasur/karpet dan wajah kamu berada sekitar 20 cm di atas baskom beruap. Uapi wajah kamu selama 5-10 menit. Ini fungsinya agar pori-pori terbuka.
  3. Membersihkan Komedo
    Di step ini kamu bisa membersihkan komedo dengan produk apa saja, misalnya strip penghilang komedo, masker lumpur, dan produk lain yang banyak tersedia di pasaran. Tapi kalau malas belinya, kamu bisa banget pakai bahan yang ada di rumah, yaitu Tisu dan Telur. Kamu bisa lihat step membuatnya di postinganku yang ini.
  4. Pengelupasan atau exfoliating menggunakan Kopi
    Kopi sudah jadi andalan aku untuk scrubbing & exfoliating. menurutku, butiran-butiran kopi pas banget untuk kulit wajahku. aroma alaminya juga jadi efek relaksasi banget buat aku. Selain itu, berdasarkan beberapa artikel yang pernah aku baca, kopi bisa merawat kulit berminyak, mengurangi flek hitam dan mencerahkan wajah. Dan menurut aku itu semua BENER BANGET. Efek yang bisa langsung kamu rasakan setelah exfoliating pakai kopi adalah kulit kamu jadi halus banget.

    Gunanya kopi di step ini adalah sebagai masker yang kemudian sekaligus jadi scrub wajah. Cara bikinnya kamu cukup campurkan 2 sendok makan kopi hitam bubuk dengan 1 sendok makan madu. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke wajah dan leher, diamkan selama sekitar 10 menit, selanjutnya kamu bisa gosok pelan butiran-butiran kopi di wajah kamu agar kulit-kulit mati terangkat. setelah itu, kamu bisa langsung bilas wajah kamu tanpa pakai sabun ya!
  5. Masker Jeruk Nipis/Teh Hijau
    Menurutku step ini adalah step paling krusial dan menyenangkan dalam tahapan facial setiap mingguku. Sebetulnya kamu bisa skip step ini kalau dirasa pakai masker kopi saja sudah cukup. tapi bagi aku step ini sangat membantu untuk meringkas kembali pori-pori wajah aku.
    Aku biasanya hanya menyiapkan satu buah jeruk nipis saja dan diambil air perasannya, kemudian aku oleskan ke wajah menggunakan kapas atau langsung dengan telapak tangan. Tunggu selama 5 menit, lalu aku lanjutkan ke step selanjutnya.

    Oh ya, Jeruk nipis dipercaya bisa mencerahkan wajah lho.

  6. Mencuci muka dengan Facial wash favorit
    Setelah menggunakan masker jeruk nipis, aku mencuci muka dengan facial wash andalanku saat ini yaitu Acnes Creamy Wash. di step ini kamu pasti langsung ngerasa perubahan tekstur kulit kamu yang jadi halus banget I swear!
  7. Toner menyegarkan wajah!
    Pakai toner favoritmu sebagai penyegar dan penutup ritual facial kamu.
  8. Jaga kelembaban kulit (menggunakan aloe vera gel, serum, sunscreen, dan moisturizer)
    setelah facial, penting banget untuk menjaga kembali kelembaban kulit kamu. lalu, kamu bisa melanjutkan dengan daily Skincare kamu. ketika akhir pekan, sebaiknya istirahatkan wajahmu dari makeup.

Maafkan Angle yang tidak jelas ini
Aku suka sekali memanjakan kulitku setiap minggu dengan cara ini. Karena setelah rutinitas harian yang melelahkan, dengan facial, aku langsung merasa segar kembali, kulit jadi halus, lebih cerah, dan bisa dilihat sendiri, pori-poriku menjadi lebih ringkas.
Ya, semoga #FridaySharing Hari ini bermanfaat.

Salam, Yeye.

2 comments:

  1. btw itu pake lime nggak terlalu asam buat kulit? aku agak takut gitu takut terlalu asam buat kulit._. nice post btw!

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. As long as gak terjadi iritasi dan efek alergi sih setauku ok-ok aja kak. kalau khawatir, kita bisa pakai toner yg pH balancing. tapi semuanya tergantung kita sih, kalau ragu lebih baik hindari aja ya..
      thankyou for visiting!!♥

      Delete