Wednesday, May 16, 2018

Makeup Perpisahan Sendiri Yuk!

Perpisahan SMA 2018

Assalamualaikum, Ohayou gozaimasu minna-san Selamat menunaikan Ibadah Puasa!
Kalau kalian semua follow instagramku, kalian pasti tahu apa kabar terbaru dari aku.
Yep, YEYE LULUS SMA!
Oleh karena itu, aku sekarang sedang dalam masa menyandang status yang tidak jelas. Siswa SMA bukan, mahasiswa belum, kerja kagak, tapi masih nagih uang jajan. lol.
Sabtu kemarin akhirnya aku Graduation alias perpisahan SMA. Menurutku itu satu hari yang berarti, apalagi mengingat persiapan yang sudah aku lakukan udah kayak..
persiapan tunangan.

Hal terpenting yang aku siapkan sejak jauh-jauh hari adalah makeup. Ya, aku tidak menyewa jasa Salon atau Make Up Artist untuk meriasku di hari itu, melainkan Melakukannya sendiri. Pertama, Karena aku kurang sreg kalau harus di rias di salon meskipun kita bisa saja mengajukan permintaan dan cerewet, tetap saja kita paling tahu apa yang kita mau. Kalau Menyewa makeup artist, masalahnya adalah aku kurang rela merogoh kocek dalam hanya untuk satu hari. Akan ada sisi yang kesakitan di dalam dada ini cuy! Oh ya, dan dari kedua pilihan itu ada yang cukup bikin aku insecure sih. Secara, makeup tools yang dipakai kan nggak cuma ke satu orang. entah itu sponge, brush dan lainnya. Yoweslah, niat makeup graduation sendiri ini aku putuskan, bahkan sejak tahun lalu. Oleh karena itulah aku sempat ada waktu menabung untuk beli Make up.

Memang sudah cukup skilled ye?

Not yet! aku nggak terlahir dari keturunan make up artist, jadi aku gak bakat alami soal itu. Pakai eyeliner masih belepotan, pakai lipstik melenceng dari garis bibir, pake bronzer malah bikin wajah dekil.
Makanya sejak jauh hari aku mempersiapkan diri, menyimak makeup tips dan tutorials hingga akhirnya aku tahu teknik apa yang baik, dan look bagaimana yang buat makeup look aku nanti kelihatan seperti hasil profesional.

Lain dari persiapan photoshoot buku tahunan sekolah yang pernah aku bahas disini, aku  akan rangkum apa saja yang harus dipersiapkan untuk Make Up Wisuda/Perpisahan SMA.

1. Belajar dan Latihan Makeup

Kamu tentu harus yakin kalau kamu bakal makeup sendiri di hari-H nanti. Makanya, mantepin dulu kemampuan kamu. Yang kamu harus punya saat ini adalah basic skill makeup. Sekarang sudah ada Youtube, instagram dan google yang bisa banget bantuin kamu ningkatin kemampuan kamu. Kemudian, kamu bisa menerapkan teknik menggunakan makeup yang ada. Supaya itu makeup gak sia-sia diapus gitu aja, selfie gih supaya bisa kamu lihat dan koreksi, terus dibandingkan dengan hasil latihan2 selanjutnya.
2. Sisihkan uang jajan kamu.
ini penting sih, kalo gak ada duitnya lu nanti mau beli mekap pake apa Ai?
3. Sedikit-sedikit upgrade makeup tools kamu
Kamu masih apply foundation pake jari? coba beli blending sponge atau foundation brush. Apply eyeshadow ngeblok gara-gara cuma pakai brush bawaannya? Coba beli blending brush. Cari yang affordable dulu, gak perlu yang dipakai sama MUA.
4. Belilah Make up setelah paham review-reviewnya.
Do research before buying a makeup products. Ini penting Ai, jangan asal beli foundation (misalnya) gara-gara rekomendasi b/vlogger yang bilang ini bagus lah, stay all day as the claim lah, keren banget gue mau mati lah. Jangan ceroboh gara-gara satu review, karena nyatanya lebih banyak orang yang review negatif sama itu produk. dan resiko gak cocok kamu lebih besar. (pengalaman pribadi cuy)
5. Jangan Lupa Lakukan 'Gladi Bersih' Beberapa Hari sebelum Hari-H
Supaya membiasakan diri kamu untuk makeup dan menghindari panik saat hari h nanti, kamu perlu melakukan gladi ini. Kamu perlu menguji coba makeup yang akan kamu pakai nantinya seperti apa. Memperhatikan berapa lama waktunya, langkah-langkahnya apa saja. 

Yeah so, itu dia yang perlu kamu perhatikan jika ingin merias diri di hari penting itu. Sebagai referensi, aku juga akan menguraikan apa saja detail makeup bernuansa nude, yang aku gunakan pada Sabtu Kemarin.
1. Primer: Monistat
2. Foundation: Wet n Wild Photofocus Foundation (Golden Beige)
3. Alis: Emina Top Secret Eyebrow
4. Concealer: L.A. Girl Pro Conceal  (Creamy Beige)
6. Setting loose powder: Pond's Magic BB Powder
7. Two way cake powder: Shinzu'i Two Way Cake Powder (Silky Natural)
8. Eyeshadow: Beauty Creations Irresistible Palette (Intuated, Bare, Mix Emotions, Night Out, Yours)
9. Eyeliner: Maybelline hyperimpact eyeliner
10. Mascara: QL Curling mascara
11. White Eyeliner: Silkygirl Bigeye 2in1 eyeliner
12. Eyelashes: Freya Lashes at Shopee
13. Bronzer: Catrice Sun Glow Matte Bronzing Powder
14. Blush : Emina Cheeklit Pressed Blush (Marshmallow Lady) 
15. Highlighter: Beauty Creations Irresistible Palette (True Love + Love letter)
16. Lips: -City Color Matte Auto Lip liner (Natural)
               -Mirabella Chic Lipstick (08)
17. Setting Spray DIY

Alhamdulillaaah>.< Makeup look aku ini cukup tahan lama karena saat sorenya aku pergi ke studio foto untuk foto kelas hanya perlu touch up bedak, sementara yang lainnya masih stay. Dan suatu kebanggaan sendiri buatku ketika banyak orang yang menyukai hasil riasan aku ini. Senangnya!

Aku tahu aku bukan seorang professional tapi aku harap dengan adanya postingan ini bisa membantu kalian yang berniat Makeup sendiri di hari wisuda atau perpisahan nanti. Oh ya, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah, Kritik dan saran yang membangun sangat berarti bagi aku!

Salam,

Yeye<3

1 comment:

  1. omggg kaaak makasih bangettt udah bikin tutorial make up ini!!!!!!!!! aku ngga ngerti lagi kalo ngga ada kak yeye aku ngga bisa make up perpisahan sendiri. sayang kak yeye! sukses terus kak!!!!!!!!!!

    ReplyDelete